Bunda Harus Tahu, Ini Manfaat Vitamin C Untuk Anak!

Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui apa saja manfaat vitamin C untuk anak. Karena vitamin C hingga saat ini masih memiliki peranan penting dalam sistem imun tubuh anak, untuk menangkal kemungkinan berbagai penyakit. Vitamin C sendiri adalah antioksidan serta anti histamin yang alami. Dengan memberikan asupan vitamin C yang cukup bagi tubuh si kecil, maka dapat membangun benteng pertahanan yang alami dalam sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat menunjang kesehatan anak dalam kehidupan sehari-hari.


Vitamin C atau yang juga sering disebut sebagai asam askorbat adalah Vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan zat-zat seperti kolagen. Kolagen adalah sejenis zat yang dapat menjaga kesehatan serta memperbaiki tulang rawan. Selain itu, kolagen juga dapat menjaga kesehatan tulang, gigi dan kulit pada anak. Jika biasanya vitamin C didapatkan pada buah-buahan dan sayur-sayuran, asupan vitamin C juga bisa didapatkan melalui suplemen atau minuman yang mengandung vitamin C tinggi.

Mengingat bahwa anak jarang sekali mau mengonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan, sehingga dapat mencari alternatif melalui minuman yang mengandung vitamin C tinggi. Karena manfaat vitamin C untuk anak dapat memelihara kesehatan jaringan penghubung serta melindungi sel-sel tubuh. Saat ini banyak tersedia merek minuman yang mengandung vitamin C tinggi salah satunya adalah  Zhu C.

Setiap orang tua pasti menginginkan tumbuh kembang anak yang sehat dan selalu ceria. Pastikan bahwa anak kesayangan Anda jauh dari berbagai kemungkinan penyakit seperti flu dan batuk. Itulah mengapa anda harus mengetahui pentingnya atau manfaat vitamin C untuk anak. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan secara lengkap, mengapa vitamin C sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. Yuk, simak!

Pentingnya Vitamin C Bagi Tumbuh Kembang Anak

Seperti yang sudah di singgung sedikit pada pembahasan sebelumnya bahwa, vitamin C atau asam askorbat menjadi asupan yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Ada banyak sekali manfaat vitamin C bagi anak diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penyembuhan luka dan kolagen

Manfaat vitamin C untuk anak membantu mempercepat penyembuhan luka pada anak. Selain itu vitamin C membantu dalam kesehatan gigi dan gusi pada tumbuh kembang anak anda. Kolagen yang terkandung pada vitamin C turut serta dalam memperkuat kolagen yang ada pada tubuh.
  • Penyerapan zat besi

Manfaat vitamin C untuk anak lainnya yaitu untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam. Alasan inilah yang juga menjadikan vitamin C penting untuk tercukupi dalam pola makan anak.
  •  Sebagai antioksidan

Vitamin C juga berperan penting sebagai sumber antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh anak sangat rentan terhadap berbagai kemungkinan penyakit sebagai akibat dari aktivitas sehari-harinya. Sehingga bagi orangtua harus memberikan asupan vitamin C yang cukup. Sehingga tubuh anak memiliki sistem penangkal radikal bebas berbahaya terutama yang bersumber dari polusi udara, asap rokok maupun radiasi sinar ultraviolet.

  • Penyeimbang system imun pada tubuh


Perlu Anda ketahui bahwa tubuh anak memiliki sistem imun yang masih kurang stabil, sehingga memerlukan asupan vitamin C yang cukup untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena vitamin C dapat menyeimbangkan imun dalam tubuh agar fungsinya kembali normal.

Melihat sedikit penjelasan tentang manfaat vitamin C untuk anak diatas dapat dikatakan bahwa, vitamin C ini sangat vital sebagai salah satu sumber vitamin yang harus terpenuhi dalam tubuh anak. Selain yang sudah disebutkan di atas vitamin C juga membantu dalam memperbaiki pembentukan sel-sel darah merah, mendukung pembentukan tulang serta meningkatkan efektivitas pembentukan jaringan tubuh.

Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Anak?

Seperti yang sudah dijelaskan pada manfaat vitamin C untuk anak, maka untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi anak anda wajib mengetahui berapa banyak asupan vitamin C yang diperlukan anak untuk setiap usianya. Adapun berikut ini takaran yang tepat menurut pakar gizi untuk memenuhi sumber vitamin C anak:

  • Usia 1 – 3 tahun: 15 miligram (mg) setiap hari
  • Usia 4 – 8 tahun: 25 mg setiap hari


Vitamin C mudah sekali ditemukan dari berbagai sumber makanan, sehingga resiko defisiensi vitamin C jarang ditemukan. Namun sayangnya anak-anak cenderung untuk pilih-pilih makanan dan jarang mau untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, sehingga seringkali asupan vitamin C dirasa kurang cukup. Apalagi bagi anak-anak perokok pasif (terpapar asap rokok) memerlukan kebutuhan vitamin C yang lebih tinggi, untuk memperbaiki kerusakan sel akibat zat-zat asing dari asap rokok yang tidak sengaja terhirup.

Bagi setiap orang tua wajib untuk menghawatirkan jika kebutuhan vitamin C anak tidak tercukupi. Ada baiknya anda mengkonsultasikan pada ahli gizi anak seputar asupan yang tepat untuk memenuhi vitamin C anak. Untuk mengakalinya Anda juga bisa membelikan minuman yang kaya akan manfaat vitamin C untuk anak dan terbuat dari ekstrak buah lemon asli seperti Zhu C.

Daftar Makanan Sumber Vitamin C


Adapun berikut ini daftar makanan dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa dijadikan sumber vitamin C alami diantaranya:

  •  Jus jeruk (125 ml): 50 mg
  • Jambu biji (45 g): 82.5 mg
  • Pisang(55g): 2mg
  • Buah Kiwi (30 g): 41 mg
  • Pepaya (35 g): 47.5 mg
  • Melon (40g): 17mg
  • Mangga (50g): 11mg
  • Strawberry(40 g): 21 mg
  • Jeruk (65 g): 30 mg
  • Anggur (55 g): 23 mg
  • Tomat Segar (50 g): 5 mg
  • Brokoli (45g): 30mg
  • Bayam (55 g): 4.5 mg
  • Paprika Merah(45g): 47.5mg
  • Kentang Rebus Tanpa Kulit(80 gr): 3 mg


Setiap makanan memiliki kandungan vitamin C yang bervariasi tergantung dari ukuran buah atau sayuran itu sendiri. Sehingga untuk mengakali jika anak Anda tidak mau untuk makan makanan sumber vitamin C dari ketentuan di atas, maka bisa diakali dengan memberikan suplemen atau minuman yang terbuat dari sari buah lemon asli seperti Zhu C.

Apa Akibatnya Jika Anak Kekurangan Vitamin C ?

Melihat manfaat vitamin C untuk anak di atas, maka defisiensi vitamin C atau kekurangan vitamin C dalam tubuh anak tidak bisa dianggap sepele. Kondisi defisiensi ini menunjukkan bahwa, anak kekurangan asupan vitamin C sesuai takaran yang sudah ditentukan. Hal tersebut dapat berakibat pada kolagen kolagen baru yang tidak bisa terbentuk.

Padahal kolagen tersebut memiliki fungsi untuk mendukung jaringan tubuh seperti otot, tulang rawan, kulit, tulang, tendon dan pertumbuhan rambut serta kuku pada anak. Sehingga bisa anda lihat sendiri apa akibatnya jika seorang anak yang masih dalam tumbuh kembang kekurangan vitamin C. Padahal kolagen berperan untuk menguatkan struktur tubuh serta melindungi struktur kulit untuk mencegah penyebaran zat-zat patogen.

Anak-anak yang kekurangan vitamin C maka akan rentan terserang berbagai macam penyakit maupun terpapar zat beracun melalui mikroorganisme. Tidak adanya atau tidak terbentuknya kolagen bisa menyebabkan jaringan dalam tubuh terurai yang menyebabkan gangguan pada kesehatan serta sistem pemulihan tubuh. Anak-anak yang mengalami defisiensi vitamin C secara kronis biasanya akan beresiko terjangkit penyakit scurvy. Gejalanya akan bertahan 3 bulan bahkan lebih.

Tanda-tanda Anak Kurang Vitamin C


Setelah mengetahui manfaat vitamin C untuk anak dan apa akibatnya jika anak kekurangan vitamin ini, maka sebaiknya mulai sekarang anda mengenali tanda-tanda buah hati yang kekurangan asupan vitamin C. Untuk membuktikan bahwa vitamin C sangat penting bagi tubuh, maka ada beberapa tanda-tanda yang akan anda temui jika seorang anak kekurangan asupan vitamin C di antaranya:

Kulit yang mudah memar
Memar pada kulit dihasilkan karena hancurnya pembuluh darah merah yang sangat kecil atau yang disebut pembuluh kapiler di pinggiran kulit. Jika anak-anak kekurangan vitamin C, maka akan menyebabkan pembuluh kapiler melemah dan pecah sehingga menimbulkan memar.

Luka yang sulit untuk sembuh

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa, manfaat vitamin C untuk anak memiliki peranan penting dalam pembentukan kolagen pada kulit. Jika kekurangan vitamin C, maka pembentukan kolagen juga akan terhambat padahal kolagen tersebut memiliki peran untuk menutup luka dalam proses penyembuhan.

Gusi berdarah

Pertumbuhan kolagen yang terhambat akibat kekurangan vitamin C juga menyebabkan gusi rentan berdarah atau sering sariawan. Coba perhatikan apakah anak Anda sering mengalami sariawan atau tidak.

Kulit kering dan kasar

Mengingat manfaat vitamin C untuk anak sangat tinggi, sehingga jika terjadi kekurangan asupan vitamin ini bisa ditandai dengan kulit yang kering, kasar dan cenderung berwarna kemerahan. Karena vitamin C ini memiliki peran untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi dari paparan sinar UV.

Mengalami mimisan

Hampir 90% darah yang keluar akibat mimisan berasal dari pembuluh kapiler yang ada di hidung. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan pembuluh kapiler tersebut melemah dan menyebabkan darah keluar dari hidung.

Defisiensi vitamin C yang paling ketara pada suatu anak di mana anak tersebut menjadi mudah sekali terserang penyakit. Misalnya pada anak-anak yang sering mengalami flu dan batuk, seharusnya bisa disebabkan karena kekurangan asupan vitamin C. Karena seperti yang kita ketahui bahwa, vitamin C berperan dalam mencegah berbagai penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Zhu C Lemon, Sahabat Bunda untuk Beri Asupan Vitamin C Anak

Dengan mengetahui banyak sekali manfaat vitamin C untuk anak seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bunda tidak perlu khawatir jika buah hati tidak mau mengonsumsi sayuran atau buah-buahan sebagai sumber vitamin C penting. Zhu C Lemon hadir untuk menjadi sahabat Bunda demi memenuhi kebutuhan vitamin C anak-anak.

Zhu C terbuat dari zari lemon murni dan diambil dari buah lemon terbaik. Dengan proses produksi yang melewati quality control profesional, produk minuman bervitamin ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Zhu C tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya atau menyebabkan ketergantungan, melainkan 100% murni sari buah lemon.

Buah lemon yang digunakan dalam produksi Zhu C Lemon dipetik secara langsung dari kebun buah melon milik perusahaan ini. Sehingga faktor higienis mulai dari pemetikan hingga pengemasan minuman ini sangat terkontrol. Zhu C dibuat melalui proses netralisasi dan pasteurisasi, yakni proses pemanasan dengan tujuan membunuh segala macam organisme dan mikroorganisme merugikan pada sari buah lemon.

Zhu C juga sudah didaftarkan pada BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan serta sudah mendapatkan label halal. Jadi bagaimana menurut Anda? Mulai sekarang jangan biarkan anak kekurangan asupan vitamin C. Dengan mengetahui apa saja manfaat vitamin C untuk anak diatas, semoga bisa menjadi pengetahuan bagi para orang tua agar memberikan pola makan yang sehat bagi tumbuh kembang anak.



Scroll to top